Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Tanam Perdana Padi Sawah

  • Oleh ANTARA
  • 30 Oktober 2017 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Ketua TP PKK Bartim Munita Mustika Dewi menanam padi sawah perdana di lahan cetak sawah tahun 2017 di Desa Lebo, Kecamatan Pemarang Karau, Senin (30/10/2017).

Ampera mengatakan, pertumbuhan pembangunan di segala bidang, terutama pemukiman dan industri, sangat berpengaruh negatif terhadap sektor pertanian, khususnya produksi padi. Ini menyebabkan lahan sawah menjadi lahan non-pertanian.

"Ini mengancam kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional," katanya usai melakukan tanam perdana yang dimotori Dinas Pertanian Barito Timur bersama Direktorat Zeni Angkatan Darat (Ditziad) Mabes TNI AD.

Oleh karena itu, lanjut Ampera, pada 2017 ini diadakan kembali penambahan luas lahan sawah melalui program cetak sawah di Barito Timur melalui kegiatan perluasan dan mekanisme pelaksanaan dengan pola swakelola bekerjasama Dinas Pertanian Barito Timur dan Direktorat Zeni Angkatan Darat dengan luasan 1.500 hektare yang tersebar di delapan kecamatan.

Pemkab Barito Timur akan memberikan bantuan saprodi berupa pupuk, benih dan obat-obatan pada tiap kelompok .

"Ini agar menunjang kegiatan cetak sawah dan dalam rangka memastikan lahan yang telah dicetak tersebut akan betul-betul dikelola oleh petani," tegasnya.

Namun, bantuan ini akan diberikan pada 2018 sebagai program optimalisasi lahan pasca cetak sawah guna membantu petani untuk mengelola lahan sawah secara kontinu.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu juga berharap agar para masyarakat yang sudah tergabung dalam tiga kelompok tani mampu mengelola lahan sawah dengan baik dan berkelanjutan serta memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan yang diberikan, dalam upaya mendukung terwujudnya kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan nasional.

Dalam kegiatan tanam perdana itu, dihadiri pula Wabup Bartim H Suriansyah, Wakil Ketua I DPRD Bartim Ariantho S Muller, Kalakgiat Ditziad Kolonel CZI Anggarsih Marsudi, Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Didik Purwanto, BPTP Kalteng, ketua Tim penggerak PKK Bartim Munita Mustika Dewi, Kadistan Bartim Riza Rahmadi, Kapolsek Pematang Karau Iptu Eman Suherman, Camat Pematang Karau Samberto, kepala desa se Kecamatan Pematang Karau dan para kelompok tani. (KBA)


TAGS:

Berita Terbaru