Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Program Baru Multiyears di Kotim Terakomodasi

  • Oleh Naco
  • 16 November 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor menyebut ada sejumlah program yang terakomodir sehingga adanya revisi KUA-PPAS 2018 yang diajukan mereka ke lembaga legeslatif. Dalam revisi itu ada 4 program multiyears baru yang terakomodasi.

Di mana kegiatan tersebut dinilai menjadi skala prioritas dalam rangka peningkatan daerah seperti multiyears drainase dalam kota, sirkuit road race, peningkatan Jalan Tjilik Riwut dan Mall Pelayanan Terpadu.

Menurut Halikinnor, drainase dalam kota dilakukan untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di dalam Kota, bahkan ini sejalan dengan keinginan lembaga dewan dari daerah pemilihan II. "Karena kalau hujan lebat pasti banjir," kata Halikinnor, Kamis (16/11/2017).

Dana multiyears untuk drainase menelan anggaran Rp90 miliar, selain itu peningkatan Jalan Tjilik Riwut senilai Rp36 miliar dirasa penting dalam mendukung penataan Kota Sampit menuju kota wisata. "Kalau orang datang ke Sampit melihat jalannya jelek siapa yang mau berwisata ditempat kita, makanya perlu ditata Jalan Tjilik Riwut," tegasnya.

Termasuk Mall Pelayanan Terpadu yang menelan dana sekitar Rp40 miliar dalam rangka menghindari adanya pungutan liar, dan pembangunan road race sekitar Rp30 miliar.

"Road race perlu karena selama ini balapan liar marak ditempat kita, apalagi kita mengadakan road race beberapa waktu lalu tergolong sukses, jadi perlu sarana dan prasarana itu," tegas Halikinnor.

Pelaksanaan multiyears baru itu tidak mempengaruhi dana anggaran daerah. Karena untuk belanja langsung sekitar Rp700 miliar dan masih ada anggaran Rp500 miliar untuk dibagi ke SOPD untuk menunjang program kegiatan mereka. (NACO/B-5)

Berita Terbaru