Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Diminta Siapkan Kantin Sehat

  • Oleh Ramadani
  • 16 November 2017 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Taufik Nugraha mengharapkan sekolah yang ada di Barito Utara menyiapkan kantin sehat untuk siswa.

"Maksud kantin sehat ini yaitu mendapat sertifikasi bersih dan higienis dari petugas Dinas Kesehatan," kata Taufik Nugara yang juga membidangi kesehatan.

Taufik juga meminta Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan di daerah ini bisa mengampanyekan kepada anak-anak agar berhati-hati membeli jajanan di luar sekolah.

"Pentingnya berperilaku hidup sehat bagi kehidupan kita sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit. Kita juga mendukung program Dinas Kesehatan, terkait gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)," ujar Taufik Nugraha, Kamis (16/11/2017)

Taufik juga mengharapkan, agar Dinas Kesehatan bersama dinas terkait lainnya dapat lebih gencar mengampanyekan program Germas ini secara lebih luas, sampai ke desa-desa dan seluruh sekolah baik tingkat TK, SD dan SMP di daerah ini.

"Upaya ini dilakukan agar di masa mendatang persentase kesehatan masyarakat di Kabupaten Barito Utara lebih meningkat, karena anak-anak sudah terbiasa menjalani pola hidup bersih dan sehat. Selama ini dana yang dianggarkan pemerintah arahnya pada penyembuhan. Keinginan kita ke depannya lebih ke preventif atau antisipasi sebelum kejadian," ujarnya.

Ia mencontohkan, pola hidup sehat yang bisa ditanamkan sejak dini kepada para anak-anak di daerah ini, misalnya mulai dari cara mencuci tangan dengan baik dan juga cara menyikat gigi dengan benar.

"Program 2018 ini melalui dinas terkait kita minta menganggarkan, agar seluruh sekolah SD dan SMP yang ada di Kabupaten Barito Utara, sudah mempunyai tempat mencuci tangan," katanya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru