Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panwaslu Utamakan Pencegahan Daripada Penindakan Pelanggaran Pemilu

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 November 2017 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tidak lama lagi, genderang Pilkada 2018 bakal ditabuh. Lalu berlanjut Pemilu, berikut Pilpres 2019. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) pun mulai melakukan sosialisasi supaya pelaksanaan pesta demokrasi itu berjalan lancar.

Seperti yang digelar, Kamis (16/11/2017), peserta sosialisasi merupakan para wartawan yang tergabung dari berbagai media, baik online, cetak maupun elektronik.

Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengatakan, dalam hal pengawasan, pihaknya akan mengutamakan pencegahan untuk meminimalisasi terjadinya pelanggaran dibanding dengan penindakan.

Dia menuturkan, peran media juga sangat penting membantu untuk melakukan pengawasan. "Media massa memiliki fungsi pemberi informasi. Tidak hanya itu, pers juga terlibat dalam mengawal jalannya pemilu yang demokratis. Peranan pers ini harus tetap terjaga dan ditingkatkan demi kepentingan nasional," katanya.

Endrawati bahkan menyebut bahwa pencegahan hanya dapat dilakukan dengan peran pers. Sebab, berbagai informasi yang disampaikan media akan membuat masyarakat semakin peduli pada pelaksanaan pemilu.

Dengan kepedulian tersebut, lanjut dia, maka akan muncul partisipasi aktif masyarakat, terutama untuk mencegah terjadinya pelanggaran.

"Tanpa pers, semua akan sia-sia. Netralitas peran media masa juga sangat diperlukan untuk menunjang jalannya pilkada. Semoga proses pilkada dan pemilu berjalan sukses," harapnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru