Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Bawang Merah Kalteng Sudah Capai 1.097 Kwintal

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 November 2017 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Secara nasional, komoditas bawang merah sudah di posisi swasembada. Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pun berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam swasembada komoditas tersebut. Saat ini, produksi Kalteng sudah menyumbang 1.097 kwintal.

'Produksi bawang merah Kalteng, sudah mencapai 1.097 kwintal. Itu data terakhir kita yang diperoleh,' kata Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Dewi Erawati, Kamis (16/11/2017).

Perkembangan produksi dari bulan ke bulan pada 2017 ini, produksi yang cukup tinggi ini didominasi Januari hingga Maret, dengan fluktuasi antara 150 - 180 kwintal. Selanjutnya pada bulan berikutnya anjlok. Namun produksi tertinggi justru saat September, yaitu 437 kwintal.

Dewi mengatakan, dari 14 kabupaten/kota di Kalteng, tidak semua mengembangkan bawang merah. Tepatnya, hanya 10 kabupaten saja.

'Yang tidak ada pengembangan Bawang Merah itu empat kabupaten yaitu Katingan, Lamandau, Sukamara, dan Barito Selatan. Tapi tahun depan diupayakan mulai membudidayakannya,' ujar Dewi. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru