Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Kematian Penyakit Tidak Menular Meningkat

  • Oleh James Donny
  • 16 November 2017 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan pola penyakit yang disebut transmisi epidemiologi. Hal itu ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit-penyakit tidak menular, seperti stroke, jantung, diabetes, kanker dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo mengatakan, penyakit-penyakit tersebut kata dia adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang terkontrol.

"Saat ini penyakit ini bukan hanya menyerang usia tua, akan tetapi telah bergeser ke usia muda di semua kalangan kaya atau miskin baik di kota maupun di desa," katanya saat Sosialisasi dan Penggalangan Komitmen Germas di Gedung Serba Guna Dinkes, Kamis (16/11/2017).

Harapannya, dengan adanya sosialisasi dan penggalangan komitmen germas ini dapat mewujudkan masyarakat Pulang Pisau yang maju, mandiri dan berdaya saing melalui gerakan masyarakat hidup sehat menuju Pulang Pisau sehat.

"Kita perlu upaya yang terkoordinasi, terintegrasi, sinkronisasi serta bersinergi dengan baik antar sesama instansi terkait," terang Muliyanto. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru