Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Palangka Raya, Belum Pernah Terungkap Politik Uang

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 November 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Istilah pelanggaran dalam bentuk uang politik dalam pesta demokrasi acap terdengar. Hal itu juga diakui Komisioener, Divisi Pencegahan dan Hubal, Panwaslu Kota Palangka Raya, Murianson yang menyebut bahwa bukan rahasia umum lagi.

Meski begitu, mengungkap adanya uang politik juga tidak mudah. "Salah satu rawan terjadinya pelanggaran yakni money politik. Ini bukan rahasia umum lagi. Tapi susah mendapatkannya," kata Murianson, Kamis (16/11/2017).

Ia pun mengajak berbagai pihak termasuk masyarakat umum untuk turut serta melakukan pengawasan. Menurutnya, masalah yang sering muncul pada tahapan pemilu biasanya kampanye hitam, kampanye tidak sesuai jadwal, aliran dana kampanye, mengandung unsur SARA, kampanye memakai fasilitas pemerintah dan kampanye curi start.

Sedangkan masalah yang biasanya muncul pada tahapan pemungutan suara dan rekapitulasi suara yakni DPT gelap, adanya konspirasi berbagai pihak, serangan fajar, banyak penggunaan suara dan adanya lembaga survei yang telah memenangkan paslon.

Oleh sebab itu, ia berharap semua bentuk pelanggaran itu tidak terjadi sehingga pesta demokrasi 2018 dan 2019 berjalan aman dan lancar. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru