Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IJMA Kapuas Gelar Tolak Bala Keliling

  • Oleh Hamdi
  • 18 November 2017 - 09:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Di penghujung bulan Safar, para jamaah yang tergabung dalam Ikatan Jamaah Majelis Asshalawatiyyah (IJMA) menggelar kegiatan Tolak Bala Keliling (Tobaling) dengan berjalan kaki, Jumat (17/11/2017) malam.

Rute Tobaling dimulai dari rumah pengasuh Majelis Ta'lim Asshalawatiyyah yang berada di Jalan Barito, kemudian berjalan menuju Jalan Teratai - Jalan Melati- Jalan Anggrek - Jalan A Yani - Jalan Mawar - Jalan Seroja - Jalan Mahakam, dan berakhir kembali ke Jalan Barito.

Di sepanjang jalan, jamaah membacakan sholawat dan dzikir yang dipimpin langsung oleh pengasuh Majelsi Ta'lim Asshalawatiyyah, Guru Ahmad Humaidi.

Ketua Panitia, Suyatna mengatakan, Tobaling merupakan program dari IJMA. "Dengan sepengetahuan pengasuh kami, yaitu Guru Ahmad Humaidi," ungkap dia di depan rumah Guru Ahmad Humaidi.

Selain dari pengurus IJMA, juga ada dari para simpatisan. "Acara ini terbuka seluruh umat muslim, dengan tujuan juga agar terciptanya persatuan dan kesatuan sehingga Kabupaten Kapuas menjadi damai sebagaimana harapan kita bersama," harapnya.

Pihaknya mendoakan agar Kabupaten Kapuas terhindar dari bala musibah. "Dan kita menjadi umat yang di cintai Allah," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Edi Wiyono, alumni pengurus IJMA menjelaskan, IJMA merupakan organisasi untuk mewadahi para jamaah Majelis Ta'lim Asshalawatiyah. "Ini baru kita bentuk. Tahun ini kita telah mengadakan pertemuan akbar atau kalau bahasa umumnya di organisasi itu Muscab, jadi baru-baru ini kita IJMA sudah melakukan pergantian kepengurusan melalui Pertemuan Akbar," jelasnya.

Nah, maka dari itu, program Tobaling ini telah direncanakan pada saat Pertemuan Akbar tersebut. "Tapi setiap perencanaan program kerja itu harus diketahui oleh pengasuh kami, kalau pengasuh kami setuju maka kami akan melaksanakannya," katanya.

Dirinya berharap dengan adanya Tobaling ini, Kabupaten Kapuas selalu aman, damai dan kondusif. "Karena kita ketahui, bulan safar ini dipercaya sebagai bulan turunnya bala, oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini, berkat bacaan doa-doa, salawat dan dzikir yang diserukan di sepanjang jalan dan didengar oleh khalayak umum, menjadikan kita sebagai umat yang dicintai Allah dan Rasulnya sehingga kita terhindar dari bala musibah," pungkas dia.

Perlu diketahui, Tobaling ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Majelis Ta'lim Asshalawatiyah dan selalu dilaksanakan tidak jauh dari bulan Safar. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru