Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rp6 Miliar untuk Bibit Genjot Produktivitas Petani Kopi dan Coklat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 November 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah (Kalteng) Rawing Rambang menyebit, bantuan bibit kepada petani pekebun kakao (coklat) dan kopi adalah untuk menggenjot produktifitas komoditas tersebut.

'Selain itu yang lebih penting, bantuan pemerintah itu adalah sifatnya merangsang bagi petani yang menerima maupun petani lain yang menanam komditas yang sama,' tutur Rawing kepada Borneonews, Sabtu (18/11/2017).

Rawing menandaskan, di luar pemberian bibit yang sudah pasti diiringi pencetakan luas tanam baru, juga banyak masyarakat yang secara swadaya telah lama mengembangkan kopi dan coklat, seperti yang telah lama berlangsung di kawasan DAS Barito Kalteng.

Berkaca pada target 2017 seluas 100 hektare telah terpenuhi, maka dari itu pada 2018 mendatang bertambah luasnya dengan 600 hektare lahan baru dalam kerangka peningkatan jumlah produksi. 'Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 6 miliar. Tetapi ini masih usulan ya,' tandasnya.

Menurut Rawing, beberapa kabupaten di DAS Barito memang ditargetkan menjadi daerah unggulan penghasil coklat dan kopi. Sasaran perluasan tanam ini, akan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Kalteng. Disamping mendorong masyarakat petani melakukan peremajaan beberapa tanaman yang sudah berumur. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru