Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Membangun Desa Diperlukan Proses Perencanaan Partisipatif

  • 20 November 2017 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Bupati Gunung Mas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Sekretariat Daerah Yohanes Tuah menyatakan, dalam program desa membangun dan membangun desa, diperlukan proses perencanaan yang parfisipatif dengan melibatkan masyarakat.

"Fasilitasi dan pembinaan partisipatif merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah dan stakeholders," kata Yohanes saat membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penguatan Satker Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di aula kantor BP3D Gunung Mas, Senin (20/11/2017).

Menurut dia, untuk memastikan perencanaan partisipatif yang baik, pemerintah pusat menyediakan tenaga lokal desa, pendamping desa, dan tenaga ahli sesuai dengan bidangnya. Mereka bertugas untuk membina dan memfasilitasi pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas penyelangaraan pemerintahan desa.

"Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, penatausahaan, dan pelaporan/pertanggungjawaban," ucapnya.

Yohanes menambahkan, perencanaan partisipatif yang melibatkan seluruh masyarakat akan meningkatkan kualitas pembangunan desa. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup, perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat di wilayah perdesaan.

"Melalui Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penguatan Satker Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Diharapkan membawa dampak yang lebih baik lagi untuk pembangunan desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas," sebutnya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru