Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tradisi Budaya Simah Laut Akan Digelar 26 November 2017

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 November 2017 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya agar daerahnya menjadi tujuan wisata.

Setelah sebelumnya menggelar even budaya Mandi Safar pada Rabu (15/11/2017), kini juga akan digelar budaya lainnya.

Yakni tradisi budaya Simah Laut di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit.

Kegiatan ini akan digelar Minggu (26/11/2017). Dalam kegiatan ini direncanakan akan lebih istimewa dan meriah.

Nantinya akan ada perahu atau kapal yang dibuat untuk melarung atau melarutkan 44 macam kue tradisional di laut Pantai Ujung Pandaran.

"Akan ada 30 perahu penggiring nantinya dan semuanya akan dilengkapi balutan kain kuning dan bendera. Semuanya itu akan mengantar kapal yang membawa 44 macam kue dalam prosesi Simah Laut," ujar Camat Teluk Sampit Syamsurijal.

Sementara itu untuk pengolahan 44 macam kue tidak sembarangan. Karena akan dilakukan oleh ibu-ibu yang sudah monepos/lanjut usia yang tidak lagi mengalami haid.

Tidak hanya itu, nantinya juga ada ritual penyembelihan kambing, menyiapkan 3 macam ayam dengan jenis berbagai jenis, serta didampingi tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat.

Pihak kecamatan sudah siap melaksanakan kegiatan tersebut. Apalagi ini merupakan rangkaian even pemerintah daerah yang harus dilestarikan, serta mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kotim, sebagaimana budaya yang harus dijaga secara turun temurun.

"Kami siap melaksanakan ini. Kami harapkan tahun ini dapat lebih meriah lagi dan terus mendapat dukungan semua pihak," ujar Syamsurijal. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru