Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Lamandau Kembali Laksanakan Program Kunjungan Dokter Spesialis ke Puskesmas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 November 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Lamandau kembali melaksanakan program kunjungan dokter spesialis ke puskesmas-puskesmas seperti tahun lalu. Tahun ini, program kunjungan dokter spesialis tahun ini yakni spesialis bedah.

Saat dikonfirmasi, kepala Dinkes Lamandau melalui Kasi Pelayanan kesehatan (Yankes) Purwanto, mengatakan bahwa program kunjungan dokter spesialis ke puskesmas tersebut adalah suatu program untuk membantu masyarakat.

"Dalam program ini, dokter spesialis bedah yang melakukan kunjungan ke puskesmas bukan hanya melayani konsultasi, namun juga langsung memberikan tindakan operasi bedah ringan dan semuanya gratis," ungkapnya saat dihubungi Borneonews, Senin (20/11/2017).

Ia menjelaskan operasi bedah ringan yang langsung bisa dilayani, antara lain pengangkatan tumor jinak seperti tahi lalat, mata ikan dan kutil yang letaknya mengganggu.

"Dalam pelaksanaan program kunjungan dokter spesialis ke seluruh puskesmas tahun ini, setidaknya sudah ada 27 orang pasien yang sudah dilayani. Sedangkan warga yang berkonsultasi, lebih jauh dikatakan dia, ada sekitar 6 orang," ucapnya.

Warga yang berkonsultasi, kata dia lagi, beberapa diantaranya mengidap penyakit dalam yang tidak bisa ditangani di puskesmas. Sehingga disarankan agar berobat ke RSUD.

Purwanto juga menyebut, program kunjungan dokter spesialis ke puskesmas tersebut rencananya akan kembali dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.Bahkan, jika nantinya ada dokter spesialis lain di RSUD, maka juga akan disertakan.

"Saat ini, dokter spesialis yang ada baru spesialis bedah. Tetapi jika tahun depan ada spesialis lainnya seperti spesialis anak, juga akan kita bawa," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru