Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

14 Warga Gunung Mas Ikuti Layanan Operasi Katarak

  • 20 November 2017 - 19:08 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sebanyak 14 warga kurang mampu di Kabupaten Gunung Mas mengikuti layanan operasi katarak. Operasi katarak gratis merupakan program Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas.

'Program ini merupakan program rutin. Kami sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan RSUD Doris Silvanus Palangka Raya dan pelaksanaan operasi katarak dilakukan di rumah sakit,' kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Gumas, Margaretha Triana, Senin (20/11/2017).

Dia menyampaikan 14 warga yang mengikuti layanan operasi katarak ini berasal dari sejumlah kecamatan. Yakni Amut, 65, dan Uwil, 62, dari Kecamatan Sepang, Eyek, 43, dan Dewi, 5. Kemudian, Patimah, 52 dari Kecamatan Tewah. Natalia,14, dan Monica,12, dari Miri Manasa.

Selanjutnya adalah Uder, 72, Dugie Jinu, 80, Incie, 80, Ami Mangkin, 60, Wahyu, 18 dari Kecamatan Rungan Hulu.

Selanjutnya, Laila, 28, dari Rungan Barat, serta Uda, 67, dari Kecamatan Manuhing. Dari 14 orang tersebut, tujuh orang merupakan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sedangkan tujuh lainnya non BPJS.

Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2 PTM dan Keswa) Meynarti Christinae menambahkan, untuk peserta BPJS Kesehatan, Dinkes Gumas hanya menanggung biaya akomodasi dan transportasi, karena biaya operasi sudah ditanggung BPJS.

Sedangkan untuk non BPJS, seluruh biaya ditanggung oleh Dinkes Gumas. Dari ke-14 orang yang menjalani operasi, katarak berhasil diangkat.

Untuk hasilnya, ke-11 orang dapat melihat kembali dengan lebih baik. Sedangkan tiga lainnya tidak dapat melihat secara maksimal karena selain katarak, mereka juga memiliki kelainan syaraf di mata. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru