Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiba di Sampit Menteri PPPA Disambut Upacara Potong Pantan dan Tarian Dayak

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 November 2017 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Yohana Susana Yembise di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (21/11/2017), disambut dengan upacara potong pantan dan juga tarian adat Dayak.

Hal tersebut merupakan tradisi masyarakat daerah itu setiap mennyambut tamu yang baru menginjakkan kakinya di Bumi Habaring Hurung.

'Sebelum kami persilakan masuk, Ibu lebih dulu memotong pantan ini, dengan harapan agar saat berada di Kotim pekerjaan yang dilaksanakan tidak ada halangan," ujar Ketua Adat Dayak Kecamatan Ketapang Jais.

Pantan merupakan nama kayu atau pohon. Dalam pemotongan kayu tersebut, tidak boleh sembarangan. Namun sebelum kayu putus, tokoh adat Dayak langsung mempertanyakan maksud kedatangan sang tamu.

Sehingga Yohana langsung menjawab bahwa kedatangannya ke daerah ini untuk, "Menggelar deklarasi menuju Kabupaten Kotawaringin Timur Layak Anak," kata Yohana.

Setelah itu, Ibu Menteri kembali melanjutkan mepotong pantan, namun sebelun kayu putus. Ketua adat kembali menpertanyakan harapan dari Yohana terhadap Pemerintahan di Kotim. Sehingga Yohana langsung menjawab bahwa, dirinya sangat berharap agar perempuan dan anak di daerah ini diperhatikan.

"Perempuan harus diberdayakan dan diperhatikan posisinya. Jangan sampai ada perbedaan hanya karena jenis kelamin. Selain itu, perhatikan anak dan jaga mereka. Jangan sampai sakiti mereka. Karena merekalah penerus bangsa," kata Yohana.

Setelah prosesi potong pantan tersebut, Yohana langsung masuk ke dalam Gedung Serbaguna. Dan setelah duduk, Menteri tersebut langsung disuguhkan dengan tarian adat dalam penyambutatan tamu. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru