Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Basarang Dikembangkan sebagai Sentra Industri Buah

  • 21 November 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kecamatan Basarang yang dikenal sebagai penghasil buah nanas dijadikan sentra pengembangan industri buah. Terutama pengembangan keripik nanas dan dodol nanas.

"Selama ini kita kenal Basarang dengan buah nanas dan selalu menjual buahnya saja," kata Kabid Industri Disperdagprinkop UKM Kapuas Ferdinan Junarko di ruang kerjanya, Senin (21/11/2017).

Saat ini, sedang dikembangkan keripik nanas dan dodol dari buah nenas. Selain itu, untuk memfasilitasi usaha kecil menegah dalam pengelolaan keripik nanas dan dodol nenas, pihaknya akan membangun sentra industri di Basarang, tepatnya di kilometer 6.

"Kita rencana akan bangun sentra industri, nantinya bisa dimanfaatkan warga untuk membuat keripik nanas dan dijadikan tempat untuk menjajakan hasil indusri rumah tangga," ungkapnya.

Boy, sapaan akrab Ferdinan Junarko, melanjutkan, untuk fasilitas mesin pengolahan sampai produksi akan disiapkan oleh pemerintah daerah.

"Saat ini memang sudah ada keripik nanas dan dodol nanas yang diolah oleh warga setempat. Tetapi tidak tahan lama."

Untuk itu, pihaknya akan membantu para pelaku industri kecil ini dengan memberikan berbagai fasilitas, seperti bangunan, mesin sampai tempat parkir.

"Akan kita buat agar nantinya kendaraan bisa parkir dan letaknya pun strategis. Karena melalui poros Jalan Trans Kalimantan," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru