Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KMS Bakal Ditiadakan dan Diintegrasikan Dengan Program JKN

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 22 November 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) Kartu Mura Sehat (KMS) dipastikan tidak akan berlanjut tahun 2018 mendatang. Pasalnya, program KMS akan diintegrasikan dengan program pemerintah pusat yakni Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

"Dalam proses integrasi tersebut, semua peserta KMS sekarang akan secara otomatis menjadi peserta Program JKN. Sedangkan untuk pembiayaan sendiri tetap diambil dari struktur APBD (Kabupaten Mura)," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura Suria Siri saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (22/11/2017).

Ia melanjutkan dengan platform anggaran seperti itu, artinya beban anggaran program KMS tetap ada di APBD Mura. Namun dengan diintegrasikan dengan JKN, maka program layanan kesehatan ini bakal lebih murah hingga 50% jika dibandingkan anggaran program KMS sebelum diintegrasikan ke JKN.

"Dari segi status peserta, baik JKN maupun KMS sama-sama ditempatkan di kelas tiga saat menjalani perawatan di rumah sakit baik dirawat di Kabupaten Mura maupun di luar Kabupaten Mura," terang dia.

Suria menegaskan dengan integrasi JKN dan KMS maka justru bakal memudahkan masyarakat Mura. Pasalnya, warga bisa berobat di fasilitas kesehatan mana pun di Mura.

"Untuk tahun 2017 ini, anggaran untuk KMS sekitar Rp20 miliar. Sedangkan untuk JKN (tahun depan integrasi dengan KMS) hanya Rp10 miliar saja. Sebab Pemkab Mura sudah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan selaku pengelola independen," pungkas dia. (RISKY RIVALDO/B-8)

Berita Terbaru