Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi III DPRD Barito Timur Dukung Sanitasi Berbasis Masyarakat

  • Oleh Uriutu
  • 22 November 2017 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang ' Anggota Komisi III DPRD Barito Timur, Depe mendukung program pemerintah pusat mengembangkan sanitasi berbasis masyarakat.

'Kita mendukung sanitasi berbasis masyarakat. Untuk itu kita menyarankan agar program nasional dapat tersingkronisasikan didaerah khususnya wilayah desa sasaran,' kata politisi Demokrat itu.

Dia mengatakan dalam soisialisasi yang diikutinya dirinya sangat tertarik dengan Program Nasional Penyedia Air Minum Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Ada sejumlah wilayah di Bartim yang memerlukan kebutuhan air bersih memadai karena, warga yang memang diperlukan dalam kehidupan sehari - hari.

Menurut dia, layaknya fasilitas jamban maupun yang bersentuhan dengan perilaku hidup bersih dan sehat bisa mendorong areal pinggiran atau wilayah desa lebih baik.

Penerapan dalam penyediaan air bersih dan sanitasi itu, hendaknya terus disosialisasikan kepada warga wilayah sasaran. Sebab, masyarakat belum mengetahui betul manfaat dan dampak yang akan dirasakan.

Secara kelembagaan, lanjut dia, dewan mendukung. Bahkan, untuk memfasilitasi dalam realisasi nyata di lapangan.

'Karena program nasional tersebut berpengaruh besar juga terhadap kesejahteraan masyarakat di daerah yang diharapkan bisa menyentuh, sehingga SOPD yang ikut dilibatkan kami ingatkan untuk mengawal serius,' ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru