Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal 'Ramuan Sakti' Penyehat Tanaman Sawit Multi Lahan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 23 November 2017 - 07:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Biasanya, pupuk yang dipakai untuk menyuburkan tanaman kelapa sawit memiliki spesifikasi sesuai dengan lahan untuk menanam, seperti lahan gambut atau lahan biasa.

Nah, kini anak usaha Felda Global Ventures Holdings Bhd (FGV), FPM Sdn Bhd (FPM), memiliki produk pupuk berformulasi khusus bernama MPOB F2 dan MPOB F2 Super. Bahkan FPM menargetkan dapat menjual 30.000 ton untuk kedua jenis pupuk itu dalam lima tahun ke depan. Hal itu didasarkan pada keyakinan kedua jenis pupuk yang boleh disebut sebagai 'ramuan sakti' itu bakal disukai para petani sawit guna menunjang produktivitas.

Dalam pernyataan resminya, seperti dikutip Bernama, FGV mengatakan kedua jenis pupuk yang dikembangkan bersama Malaysian Palm Oil Board (MPOB) itu digadang-gadang dapat menyokong pertumbuhan pohon sawit, menjaga nutrisi dan meningkatkan efisiensi infiltrasi air dan mendongkrak kualitas tanah dalam jangka panjang.

Presiden/Chief Executive Officer FGV, Datuk Zakaria Arshad, menyebutkan FPM membidik pemasaran pupuk baru itu kepada para petani skala kecil dan juga diekspor ke Indonesia.

'Pupuk ini diproduksi oleh FPM melalui kendali mutu yang ketat dengan menggunakan mineral kualitas tinggi yang diimpor dari Kanada, Rusia, Jerman dan Jepang. Mineral ini dapat memasok nutrisi lebih berimbang.

Pupuk jenis MPOB F2 cocok untuk penanaman sawit di semua jenis lahan, sedangkan MPOB F2 Super K cocok untuk penanaman di lahan gambut. (NEDELYA RAMADHANI/m)


TAGS:

Berita Terbaru