Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Desa Kalteng Capai Rp1,14 triliun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 November 2017 - 08:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Jumlah Dana Desa yang dikucurkan ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) cukup besar. Tahun ini, Kalteng mendapat jatah mencapai Rp1,148 triliun, dari total kucuran secara nasional Rp60 triliun.

'Pagu Dana Desa di Kalteng sebesar Rp 1,148 triliun. Hal tersebut menjadi perhatian baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terkait pembinaan dan pengawasan,' ungkap Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Hardy Rampay, Rabu (22/11/2017).

Di Kalteng, total desa sebanyak 1.433 desa. Sehingga kalau dirata-rata, tiap desa mendapat kucuran hingga Rp 800 miliar dalam setahun ini. Disisi lain terbatasnya jumlah aparatur pemerintah daerah yang mengawasi atau memonitoring penyerapan dana desa menjadi masalah tersendiri.

'Terbatasnya aparatur pememrintah baik tingkat provinsi maupun kabupatenuntuk monitotin langsung ke desa yang jumlahnya 1.433 desa menjadi salah satu dasar belum optimalnya pembinaan ke desa,' katanya.

Untuk itu, lanjut Hardi, pemerintah provinsi mengeluarkan dana pembinaan dan pengawasanpngelolaan keuangan desa guna optimalisasi pembimbingan dengan melibatkan institusi hukum seperti kepolisian dan kejaksaan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas mulai dariperencanaan hinga pertanggungjawaban keuangan di desa. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru