Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Kumpai Batu Atas Gelar BIAS 2017

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 23 November 2017 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2017, Puskesmas Desa Kumpai Batu Atas (KBA), Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, menggelar imunisasi di SD Negeri 1 dan SD Negeri 2, Desa Kumpai Batu Bawah (KBB), Kamis (23/11/2017).

Kepala Puskesmas Kumpai Batu Atas, Sugasar menyampaikan Bulan Imunisasi Anak Sekolah diadakan rutin setiap tahun sekali. Utamanya untuk murid SD kelas satu dan dua.

"Bulan Imunisasi Anak Sekolah sudah kita mulai sejak Senin kemarin. Saat ini sudah melakukan imunisasi di 4 SD wilayah kerja Puskesmas Kumpai Batu Atas," kata Sugasar, usai pemberian imunisasi di SD Negeri 2 KBB, Kamis (23/11/2017).

Dia menjelaskan untuk kelas satu diberikan vaksin DT (Diftheria Tetanus). Semenara untuk kelas 2 adalah TD (Tetanus Diftheria). Sementara imunisasi yang dilakukan pada Agustus lalu adalah pemberian vaksin campak.

Sugasar mengatakan, imunisasi sangat penting sekali diberikan kepada anak agar mendapat perlindungan (kekebalan) dari penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Sementara itu tujuan dari pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) adalah untuk mempertahankan Eleminasi Tetanus Neonaturum, pengendalian penyakit Difteri dan penyakit campak dalam jangka panjang melalui imunisasi DT, TD dan campak kepada anak sekolah.

" Anak masih perlu diberikan perlindungan terutama untuk kekebalan terhadap tetanus," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Admin dan Programer Imunisasi, Meiningsih mengatakan sejauh ini BIAS di wilayah kerja Puskesmas Kumpai Batu Atas sudah melaksanakan imunisasi baik DT maupun TD kepada 181 murid di empat SD, baik di Desa Kumpai Batu Atas maupun Desa Kumpai Batu Bawah.

"Kalau DT lebih banyak kandungan vaksin Diftherianya sementara TD lebih banyak kandungan Tetanusnya," kata dia. (KOKO SULISTYO/B-11)

Berita Terbaru