Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Giring Petani Garap Lahan ke Pola Menetap

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 November 2017 - 23:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupaya menggiring petani kepada pola usaha tani menetap dari pola lama ladang berpindah. Teknisnya dengan memanfaatkan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Hal ini menjadi penekanan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kala memberikan tanggapan atau jawaban pertanyaan pemandangan umum sejumlah fraksi menanggapi nota keuangan dan RAPBD Kalteng 2018 khususnya yang dilontarkan Fraksi PDI Perjuangan.

Hal ini berkaitan dengan adanya larangan pemerintah untuk pembakaran lahan pertanian bagi petani tradisional di tengah masyarakat Kalteng khususnya daerah pedalaman.

"Kebijakan yang telah dan akan dilaksanakan antara lain mengarahkan petani, memanfaatkan alsintan dengan cara budidaya, disamping bantuan pemerintah berupa sarana produksi,' terang gubernur disampaikan Plt Sekda Kalteng, Mugeni saat rapat paripurna, Rabu (23/11/2017) malam.

Selain bantuan sarana produksi, pemerintah juga menggencarkan pembinaan melalui penyuluh lapangan, dengan harapan pola pertanian nomaden beralih ke pertanian modern.

Sebelumnya juru bicara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng, Ergan Tunjung mengusulkan penambahan anggaran untuk pecegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Namun dia juga mempertanyakan upaya menanggapi larangan pembakaran untuk lahan pertanian. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru