Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Pariwisata, Ditpolair Kerahkan Puluhan Personel Amankan Simah Laut

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 November 2017 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Direktorat Polair Polda Kalimantan Tengah menerjunkan puluhan personel untuk pengamanan even budaya Simah Laut di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Minggu (26/11/2017) nanti.

"Ada 24 personel. Di antaranya sembilan orang Tim SAR kami untuk melakukan pengamanan pada kegiatan pariwisata tersebut," kata Direktur Polair Polda Kalteng, Kombespol Badarudin, Jumat (24/11/2017).

Mereka sudah menyiapkan satu kapal C3 dan juga RIB. Pengamanan juga sebagai salah satu bentuk dukungan untuk kemajuan pariwisata. Apalagi perairan di Kalteng ini sangat bagus dan menjadi daya tarik untuk wisatawan.

"Tidak hanya Simah Laut, kami juga siap mendukung kegiatan pariwisata lainnya yang digelar di perairan. Yang terpenting adalah menjaga perairan dengan baik," kata Badarudin.

Dia juga mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan di perairan. Jangan sampai membuang sampah ataupun buang air besar di sungai. Hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap ekosistem di air.

"Kami sudah bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk menyosialisasikan pentingnya menjaga perairan dan diharapkan masyarakat tidak lagi BAB dan buang sampah di sungai," kata Badarudin.

Simah Laut akan digelar di Pantai Ujung Pandaran. Warga bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim akan melarutkan kapal yang berisi 44 macam kue, sebagai prosesi adat syukuran nelayan yang dilakukan setiap tahun. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru