Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teganya! Ibu Ini Disebut Telantarkan Empat Anaknya yang Masih Kecil!

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 November 2017 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Entah apa yang ada dipikiran seorang RA. Ibu berusia 36 tahun ini diduga tega menelantarkan empat anaknya yang masih kecil-kecil.

Keadaan tersebut diketahui masyarakat setelah seorang warga memasang foto dan video keadaan anak tersebut yang terlantar di media sosial. Sontak hal itu menjadi viral dan banyak natizen mengecam ulah orangtuanya tersebut yang tega berbuat itu kepada anaknya.

Atas kejadian itu banyak juga warganet yang siap mengadopsi anak tersebut.

Dalam foto dan video tersebut terlihat seorang anak berusia 3 tahun sedang mengasuh adiknya yang masih berumur 1,8 tahun. Mereka tidak terurus dan hanya mencari balas kasihan dari warga sekitar. Bahkan anak yang masih berumur 1,8 tahun tersebut hingga tidur di jalan.

Kedua anak tersebut memiliki kakak berusia 9 dan 10 tahun, namun sejauh ini dikabarkan belum diketahui keberadaannya.

RA dikabarkan merupakan warga Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kedua anak kecil ini dikabarkan sudah sebulan terakhir hidup hanya dengan balas kasihan sejumlah warga sekitar. Dalam sehari-hari, keduanya hanya bisa berkeliling di sekitar tempat tinggal ibunya, tanpa ada yang bisa mereka perbuat.

Untuk bekerja, jelas itu tidak mungkin. Karena berbicara pun masih belum lancar. Faktor usia mereka yang masih anak-anak. Sehingga warga yang kebingungan dan sangat iba dengan kedua anak tersebut langsung mengambil foto dan mengunggahnya ke media sosial, dengan harapan ada pemerintah terkait yang bertindak.

Dijemput LSM

Melihat video tersebut , pihak Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan AAnak (P2TP2A) Kotim tidak tinggal diam begitu saja. Mereka datang dan menjemput kedua anak malang tersebut. Karena bagi mereka persoalan yang tengah dihadapi kedua anak itu adalah persoalan yang sangat serius serta harus ditangani segera.

Kami langsung menjemput dan membawa kedua anak ini ke tempat tinggal orangtuanya. Untuk memastikan kasus tersebut, ujar Ketua P2TP2A Forisni Aprilista, saat berada di rumah kedua anak tersebut, Jumat (24/11/2017).

Pihak P2TP2A juga berusaha menemui orangtua kedua bocah tersebut, yang tinggal di sebuah rumah kontrakan yang terbilang cukup bagus dan sangat layak. Mereka mempertanyakan hal itu kepada RA.

Namun ibu kedua anak itu, membantah jika telah menelantarkan anaknya. Ia justru menyalahkan anaknya yang nakal dan suka kabur dari rumah. Sedangkan ia tidak dapat mengawasi anak-anaknya karena juga sibuk bekerja.

Mendapati pernyataan tersebut, pihak P2TP2A langsung menengahi dengan meminta agar orangtua anak tersebut bertanggungjawab dalam mendidik dan merawat anaknya. Kalau sudah tidak mampu maka langsung serahkan kepada pihaknya.

Bahkan, perempuan tersebut juga membuat surat perjanjian di atas materai Rp6000, berisi bahwa akan menyerahkan kepada negara dan diproses hukum berlaku kalau menelantarkan kembali anak-anaknya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru