Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rusliansyah-Rogas Calon Independen yang Pertama Serahkan Berkas ke KPU Palangka Raya

  • Oleh Rokim
  • 25 November 2017 - 09:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pasangan Rusliansyah-Rogas Usup bakal calon independan atau perseorangan yang pertama menyerahkan berkas dukungan ke KPU Kota Palangka Raya, Sabtu (25/11/2017).

Rusliansyah-Rogas bersama timnya datang ke KPU yang berlokasi di Jalan Tangkasiang pukul 08.00 WIB. Kedatangan mereka langsung diterima oleh Ketua Kota Palangka Raya, Eko Riadi bersama komisioner lainnya.

Tim Rusliansyah-Rogas diterima di aula KPU. Di ruang ini mereka dijelaskan teknis pencalonan dan proses verifikasi dukungan. Selanjutnya secara simbolis Rusliansyah-Rogas menyerahkan dokumen dukungan kepada Ketua KPU Palangka Raya.

Selanjutnya dukungan tersebut diverifikasi jumlah minimal dukungan dan sebarannya oleh KPU. Jika telah memenuhi jumlah minimal 19.700 dukungan dan teresbar minimal ditiga kecamatan, maka dokumen dukungan pasangan tersebut akan dilanjutkan pada tahapan verifikasi administrasi.

Prosesnya, dokumen dukungan pasangan calon diverifikasi oleh KPU petugas sistem informasi pencalonan (SILON) dan diawasi oleh Panwaslu.

Melalui SILON ini nanti hard copy akan disandingkan dengan soft copy. Jika tidak sesuai maka akan difasilitasi oleh KPU untuk memperbaikinya sampai selesai.

"Sesuai jadwal KPU, batas akhir penyerahan dokumen bakal pasanganm calon independen ini pada 29 November 2017 pukul 24.00 WIB," kata Anggota KPU Kota Palangka Raya, Sastriadi.

Kepada wartawan, Rusliansyah menyebut jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 32.000 lembar foto kopi KTP. Rusliansyah yang juga Ketua DPC Golkar Kota Palangka Raya ini optimistis jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU akan bisa dipenuhi dan bisa maju ke tahap selanjutnya, yakni pendaftaran pada Februari 2018. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru