Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Berbagai Program Pendidikan Berbasis Online

  • 25 November 2017 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Cukup banyak program pada era sekarang ini telah berbasis online. Demikian pula pada bidang pendidikan. Karena itu, semua pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan harus bisa mengaplikasikan program online.

Pesan itu disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas Hendrie saat membacakan sambutan tertulis kepala dinas dalam kegiatan Penyebarluasan Sosialisasi Informasi Pendidikan Dasar 2017 di Kuala Kurun, Jumat (24/11/2017) sore.

"Berbagai macam program yang berbasis data online seperti data pokok pendidik dasar (Dapodikdas), pelaporan BOS online, pendataan peserta ujian sekolah, ujian nasional, dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK)," kata Hendrie.

Ia mengatakan, kegiatan penyebarluasan sosialisasi informasi pendidikan dasar menitikberatkan pada tiga pokok utama, yakni penguatan satuan pendidikan melalui berbagai informasi pendidikan dasar, peningkatan keterampilan pengelolaan satuan pendidikan kususnya operator sekolah, dan peningkatan wawasan pengetahuan.

"Kesuksesan pencapaian tujuan pembangunan pendidikan di Kabupaten Gunung Mas tentu saja membutuhkan dukungan, peran, dan partisipasi dari seluruh stakeholder," kata dia.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Yanso menyampaikan bahwa tujuan dari sosialisasi kali yakni memberikan berbagai informasi pendidikan dasar, khususnya berkaitan dengan pengolahan data, pemanfaatan data, serta pelaporan pertanggubgjawaban dana BOS secara aplikasi dan online.

"Peserta adalah operator sekolah dasar (tahap I) masing-masing dua orang sekolah dari setiap kecamatan," sebutnya.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Sekretaris Disdikbud Gunung Mas Brikson, Kabid Pembinaan SD dan SMP Hendrie, Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Dodi Hartito, dan Operator Dapodikdas/Pengelola Data Base Pendidikan Nofyan Gerhana. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru