Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Pilkada 2018 KPU Lamandau Kenalkan 'Si Golam', Siapa Dia

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 November 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau dengan resmi mengenalkan maskot khusus Pilkada Lamandau 2018, bernama 'Si Golam'. Hal itu diketahui saat launching Maskot Pilkada Lamandau di Lapangan Kartawana, Nanga Bulik, Minggu (26/11/2017).

"Mulai hari ini, KPU Lamandau dengan resmi mengumumkan 'Si 'Golam'. Si Golam adalah maskot resmi KPU Lamandau untuk Pilkada 2018," terang Ketua KPU Lamandau, Daang Padoma, pada gelaran yang dihadiri ratusan warga masyarakat serta sejumlah tamu undangan itu.

Maskot yang bernama 'Si Golam' ini, sambung pria yang akrab disapa Erik itu, sebagai ikon resmi yang akan digunakan KPU Lamandau dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah kabupaten Lamandau 2018. Maskot itu juga merupakan maskot yang terpilih pada sayembara cipta maskot yang telah diadakan KPU pada bulan Oktober 2017 lalu.

'Si Golam', jelas Erik, diambil dari kata Golam yang merupakan akronim dari 'Gong Lamandau'. Selain itu, 'Si Golam' juga dapat dimaknai sebagai akronim dari kata 'Siap Gelorakan Pilkada Lamandau 2018'.

Dibeberkan Erik, KPU Lamandau memiliki sejumlah alasan dan rasionalisasi pemilihan maskot yang diluncurkan itu, baik dari segi pesan fisik maupun penamaannya. Misalnya, kata dia, maskot itu memiliki ciri khas menggunakan ikat kepala manik khas dayak dengan corak batik yang juga khas.

"Kemudian jari kelingking tangan kiri berwarna ungu khas tinta pemilu sebagai ajakan untuk menggunakan hak pilih pada Pilkada bagi pemilik suara," jelasnya.

Sementara itu, sebut dia lagi, maksud daripada kata Golam atau 'Gong Lamandau' juga bisa dimaknai bahwa Gong merupakan salahsatu alat musik bahkan produk budaya yang sangat kental dengan budaya Lamandau, sehingga dalam berbagai pergelaran apapun keberadaan Gong sendiri sangatlah penting.

"Selain itu, Gong juga bisa dimaknai sebagai tanda dimulainya kegiatan dalam hal ini digelorakannya Pilkada Lamandau 2018," kata dia.

Selebihnya, sebagaimana salahstau tujuan awalnya, dengan adanya maskot Pilkada tersebut diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi informasi dan memberikan pengetahuan tentang Pilkada Lamandau 2018 mendatang.

"Sehingga dengan adanya maskot ini maka semua pihak diingatkan tentang adanya pemilihan kepala daerah Lamandau yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang," tukasnya.

Dari pantauan, kehadiran karakter 'Si Golam" yang diperankan oleh badut sendiri tampak unik dan cukup menyita perhatian, dengan mengenakan pakaian perpaduan warna kuning-orange, kostum 'Si Golam' juga tampak mudah dikenali dan dingat. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru