Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Upsus Siwab Hasilkan 235 Ekor Sapi Bunting

  • Oleh Norhasanah
  • 27 November 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara telah menghasilkan 235 ekor sapi betina bunting.

"Hasil dari evaluasi Upsus Siwab hingga November 2017, ada sebanyak 180 ekor sapi yang sudah Inseminasi Buatan (IB), 235 ekor sapi bunting dan 67 ekor sapi melahirkan," ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara Irlan Kodriansyah melalui Kabid Peternakan Syamsir Hidayat, Senin (27/11/2017).

Menurut dia, DKPP melalui Tim Percepatan Kegiatan Upsus Siwab Kabupaten Sukamara telah berusaha semaksimal mungkin agar bisa mencapai target. "Kita terus berupaya dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat agar warga yang memiliki ternak sapi bisa lebih berperan aktif," ucap Syamsir Hidayat.

Syamsir menjelaskan, manfaat dari IB atau kawin suntik adalah untuk meningkatkan mutu genetik sapi lokal, mengatasi masalah kekurangan pejantan unggul dan mengurangi penyebaran penyakit. "Selain itu, peternak juga bisa memilih jenis keturunan, mencegah terjadinya kawin sedarah atau inbreeding," ujarnya. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru