Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Pesisir, 23 Kapal Perpustakaan Keliling Dikerahkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 November 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna meningkatkan kualitas pendidikan anak pesisir dan aliran sungai di Kalimantan Tengah (Kalteng), Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kalteng, mengerahkan sedikitnya 23 kapal yang untuk perpustakaan keliling.

"Kami menyediakan 23 kapal untuk perpustakaan keliling, dengan mendatangi sejumlah pesisir di beberapa kabupaten di Kalteng ini," ujar Dirpolair Polda Kalteng Kombespol Badarudin, Senin (27/11/2017).

Selain sebagai perpustakaan keliling, kapal-kapal tersebut juga digunakan untuk patroli. Namun waktunya sudah dijadwalkan. Di mana satu kapal itu tidak full patroli dalam satu bulan. Jadi dengan dukungan BBM dan anggaran yang ada. Maka patroli dilaksanakan hanya 10 hari dalam sebulan. Sedangkan 20 hari lainnya, melaksanakan sambang desa dan perpustakaan keliling. 

Saat ini, pihaknya memberdayakan semaksimal mungkin armada yang mereka miliki, meskipun dengan anggaran yang terbatas. 'Dengan terobosan-terobosan tersebut semata-mata untuk masyarakat, sehingga dengan adanya perpusatakaan ini kita bisa mendidik anak-anak agar memiliki daya saing yang baik, dan membiasakan mereka untuk membaca,' kata Badarudin.

Selain perpustakaan keliling, sejumlah anggota Ditpolair juga menjadi guru bantu di sejumlah sekolah yang membutuhkan. Bahkan menyiapkan pondok baca di sejumlah tempat, di antaranya di Markas Direktorat di Pelangsian, juga di sejumlah pos seperti di Samuda, Palangko Lama, Kapuas, Kumai, Jelai, Bahaur, Pendulangan, Batanjung, dan Palangka Raya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru