Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kuota CPNS Lulusan SMA di Kemenkumham Kalteng Terpenuhi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 November 2017 - 22:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Tengah kategori lulusan SMA atau penempatan sebagai penjaga tahanan terpenuhi.

"Kuotanya 323 untuk yang SLTA. Kemudian yang lulus juga 323, sehingga terpenuhi," kata Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Kalteng, Hajrianor, Senin (27/11/2017).

Dia menuturkan pendaftar lulusan SMA awalnya 5.421 orang. Kemudian setelah dilakukan verifikasi berkas ada 3.930 pendaftar yang lulus. Namun yang mengikuti tes seleksi kompetensi dasar hanya 2.986 orang.

"Setelah melalui tahapan proses ternyata yang lulus hanya 195 orang, padahal kuota kita saat itu 323 orang. Artinya masih kurang," ungkapnya.

Karena belum terpenuhi maka kantor pusat mengeluarkan kebijakan untuk mengambil tiga kalilipat rangking terbaik hingga total yang lulus 795 laki-laki dan 174 perempuan.

Dari jumlah itu kembali dilakukan tes dan 323 peserta dinyatakan lulus. Dari jumlah itu 58 di antaranya perempuan.

Menurut Hajrianor dengan tahapan tes CPNS ini, kualitas pendidikan di Kalteng sudah dapat diketahui. Demikian halnya dengan sekolah. Sebab penentuan lulus atau tidaknya juga ditentukan pihak pusat.

Sementara itu untuk CPNS dengan pendaftar menggunakan ijazah sarjana hanya 23 orang yang dinyatakan lulus. Padahal jumlah pendaftar awalnya mencapai ribuan. Dengan hanya 23 orang yang lulus, Kemenkumham Kalteng Masih kekurangan 12 orang karena kuota seharusnya 35 orang.

"Jadi sisa kekurangannya kemungkinan diambil dari daerah lain," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru