Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Alsintan Solusi Petani dalam Membuka dan Mengelola Lahan

  • Oleh Norhasanah
  • 28 November 2017 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang disalurkan kepada kelompok tani (poktan) merupakan salah satu solusi bagi para petani dalam membuka dan mengelola lahan.

"Karena adanya suatu aturan yang melarang membakar lahan, maka dengan alsintan ini seperti handtraktor dan alat lainnya dapat membantu serta memudahkan dalam membuka lahan tanpa bakar," ucap Windu Subagio, Selasa (28/11/2017).

Menurut Windu, dengan banyaknya bantuan yang telah disalurkan, tentunya akan berdampak pada hasil pertanian yang diharapkan yang nantinya dapat mencapai kedaulatan pangan. "Memang pemantauan, penyuluhan dan penguatan kepada kelompok-kelompok tani itu secara rutin dibina oleh penyuluh-penyuluh yang ada di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara," ujarnya.

Ia melanjutkan, dengan adanya pembinaan yang selalu dilakukan oleh penyuluh pertanian, maka pengetahuan para petani dalam berkebun dan mengelola lahan akan semakin meningkat sehingga nantinya petani di Bumi Gawi Barinjam dapat menjadi petani yang cerdas dan mandiri.

"Harapan kita seperti itu, petani kita bisa menjadi petani yang mandiri dengan penghasilan besar agar tercapai kesejahteraan masyarakat," harap Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru