Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaksa Masih Dalami Dugaan Korupsi Tumbang Maya Pastikan Jumlah Kerugian

  • Oleh Naco
  • 28 November 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus dugaan korupsi dana desa Tumbang Maya, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kini dalam pendalaman jaksa. Itu dilakukan untuk memastikan jumlah kerugian.

"Untuk kasus APBDes Tumbang Maya masih kita dalami, berapa jumlah pasti kerugian itu," kata Kepala Kejari Kotim, Wahyudi melalui Kasi Pidana Khusus Hendriansyah, Selasa (28/11/2017) saat ditemui di ruang kerjanya.

Namun demikian dari perhitungan sementara untuk APBDes 2013-2015 menurut Hendriansyah kerugian memang cukup besar, namun mereka ingin lebih mendalami lagi melalui pemeriksaan saksi-saksi agar diketahui secara pasti nilai negara yang terjadi.

Sehingga saat ini pihak kejaksaan tidak mau tergesa-gesa menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. "Kita tunggu dulu, setelah semuanya rampung baru bisa kita pastikan nanti," tegasnya.

Menurut Hendriansyah, sampai saat ini mereka tengah memeriksa sejumlah saksi itu terus dilakukan hingga beberapa hari ini. Namun secara details siapa saksi yang diperiksa ia tidak membeberkannya.

Bahkan rencananya penyidik dalam waktu dekat sudah menjadwalkan mantan kepala desa, Tumbang Maya berinisial LS untuk kembali dimintai keterangannya namun masih sebatas sebagai saksi. "Kalau saksi dalam kasus Tumbang Maya ini cukup banyak yang sudah kita periksa," tegas.

Kasus dugaan korupsi Tumbang Maya prosesnya ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan beberapa pekan lalu, ini merupakan satu dari empat kasus dana desa yang ditangani oleh Kejari Kotim, bahkan beberapa waktu lalu salah satu kasus dana desa Tumbang Bajane penyidik sudah menetapkan dan menahan tersangka atas nama Selwinoto mantan penjabat desa itu. (NACO/B-5)

Berita Terbaru