Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengangkatan Guru Kontrak Sudah Penuhi Formasi

  • 28 November 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pengangkatan guru kontrak sebanyak 3.390 orang yang terbagi dalam dua gelombang sudah memenuhi formasi guru di 17 kecamatan. Guru kontrak diprioritaskan warga lokal agar mereka bisa membangun daerahnya sendiri.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kapuas Ilham Anwar saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (28/11/2017). "Pengangkatan guru kontrak itu untuk memenuhi formasi 405 orang guru SD, 115 orang SMP, 500 orang untuk TK dan PAUD. Honor yang dibayarkan tiap bulan diambil dari APBD Kapuas," terang dia.

Ia melanjutkan pengangkatan guru kontrak diprioritaskan warga lokal agar mereka bisa mengabdi di desanya sendiri. Sedangkan honor guru kontrak tersebut dibayarkan sebesar Rp625 ribu per bulan. "Dengan anggaran segitu, tidak mungkin guru dari kota kita kirim untuk bertugas di daerah pedalaman. Oleh karena itu, kita pilih putra daerah," ungkap dia.

Menurut Ilham, dengan pengangkatan ribuan guru honor ini, memang tidak menutup kemungkinan masih ada kekurangan. Pasalnya, ada sekitar 100 orang guru yang purna tugas (pensiun) tahun ini. "Kalau pun di sekolah masih ada kekurangan, masih mungkin bisa ditambah tergantung besarnya dana BOS," kata dia.

Ia menegaskan sekolah jangan sampai memotong honor guru kontrak yang dari dana BOS. Meski mereka sudah dapat honor dari APBD. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru