Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadishut: Jangan Menilai Kehutanan Sebatas Kayu

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 November 2017 - 07:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Banyak kalangan mengira ketika berbicara hutan maka hasilnya adalah kayu. Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng Sri Suwanto menjelaskan, pandangan ini harus diubah seiring banyaknya program bidang kehutanan termasuk perhutanan sosial.

Ia menekankan kepada 18 kesatuan pengelolaan hutan (KPH) yang ada di Kalteng, agar meningkatkan kinerjanya sehingga wilayahnya betul-betul produktif dan nyata menghasilkan.

'Karena ruhnya sebetulnya di kehutanan ini yang ditingkat KPH ini. Mungkin selama ini orang menilai hasil kehutanan adalah kayu. Padahal tidak. Disitu banyak hasil lain selain kayu. Bisa rotan, jasa lingkungan, wisata, dan lainnya,' kata Sri Suwanto, Rabu  (29/11/2017).

Ia mengungkapkan, bahkan dengan progress perhutanan sosial saat ini, KPH lebih leluasa mengelola bersama masyarakat. Antara lain bisa melaksukan pengembangan tanam padi, jagung, tebu atau peternakan, dan sebagainya.

'Jangan dipandang kayak dulu, yang katakanlah semut masuk saja tidak boleh. Tetpi sekarang begitu terbuka, akses dengan masyarakat untuk sama-sama kelola, sehingga mengefek kepada kesejahteraan masyarakat setempat sesuai peraturan yang dibuat Kementerian,' ulasnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru