Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat di Barut Banyak Alami Kendala

  • Oleh Ramadani
  • 29 November 2017 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang ada di desa di Kabupaten Barito Utara (Barut) hingga saat ini dinilai masih banyak mengalami kendala sehingga dukungan dana desa diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh UKBM.

Penekanan itu disampaikan Asisten Setda Bidang Administrasi Umum Barut Fauzul Risma, Rabu (29/11/2017).  

Lebih lanjut ia menekankan, pembangunan terhadap kesehatan masyarakat harus lebih dibangkitkan di samping meningkatkan pembangunan infrastruktur di desa. Sehingga penduduk dapat mencapai pada usia harapan hidup yang panjang dengan berbagai kegiatan yang bisa dicapai misalnya Posyandu, Posyandu Lansia, program penekanan angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

'Keberhasilan UKBM terletak pada kinerja masyarakat itu sendiri, terutama para kadernya sebagai pelaksana UKBM. Namun kader tidak bisa bekerja sendiri, kader harus mendapat dukungan konkrit, baik dari masyarakat yang ada di lingkungan maupun dari pemangku kepentingan di tingkat yang lebih tinggi,' katanya.

Disampaikannya, untuk meningkat meningkatkan fungsi kinerja UKBM dorongan untuk dapat mengalokasikan minimal 10 persen dana ADD bagi kegiatan UKBM tentunya harus didukung oleh semua pihak terkait, khususnya kepala desa selaku pimpinan tertinggi dari pemerintahan desa. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru