Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

WBP Lapas Sampit Dibekali Berbagai Keterampilan

  • Oleh Naco
  • 29 November 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Sampit diberi berbagai bekal keterampilan, agama, kerajinan hingga bangunan. Itu dilakukan untuk memberikan pembinaan tidak hanya sekadar mental saja namun juga spritual mereka.

"Pembinaan agama kita menggandeng pihak Kemeneterian Agama, WBP kita yang mengikutinya sangat antusias sekali," kata Kepala Lapas Sampit, M Khaeron, Rabu (29/11/2017).

Kegiatan itu diharapkan para warga binaan setelah lepas bisa membentengi hati dan iman mereka dari godaan duaniawi. Tidak hanya itu di Lapas juga para WBP dibekali dengan keterampilan membuat berbagai jenis kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal seperti bambu, tempurung kelapa, kertas dan bekas kabel telepon.

Serta keterampilan bangunan seperti membuat paving hingga cara memasangnya. "Ini keterampilan mandiri, agar keahlian yang didapat di dalam Lapas saat keluar nanti bisa dikembangkan," tegas Khaeron.

Menurut Khaeron meandset para WBP harus dirubah, dengan cara memberikan bekal dan pembinaan. Seperti pembuatan souvenir menggunakan bahan lokal yang murah meriah, setelah diolah memberikan harga yang luar biasa.

"Seperti bambu harga sebatang sekitar Rp15 ribu, tempurung sekilo sekitar Rp3 ribu, setelah diolah mampu memberikan harga yang begitu besar," ucapnya.

Menurut Khaeron para WBP punya semangat hidup uyang kuat, dari itu perlu didukung, dengan memberikan modal kecil mereka mampu menciftakan hasil karya buah tangan mereka bernilai secara ekonomis.

"Ini bisa jadi bekal hidup mereka nantinya, karena mereka punya bukat, agar kedepan bisa menjadi SDM yang bermanfaat," tukasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru