Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Praktisi: Waspadai Digital Autis!

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 November 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini, era digital begitu menguasai sendi kehidupan, bahkan masuk ke ranah privat dan domestik atau rumah tangga. Waktu banyak habis digunakan di depan perangkat digital.

Antara penghuni rumah tangga, lebih dekat dengan smart phone, lebih banyak waktu dihabiskan berinteraksi dengan handphone ketimbang dengan anggota keluarga, melepas penat dengan gadget daripada berbicara tatap mata dengan keluarga.

"Inilah yang disebut digital autism, wabah yang harus diwaspadai," terang Direktur Indonesia New Media Watch, Agus Sudibyo saat berlangsung seminar yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PWI Kalteng, Rabu (29/11/2017)

"Fenomena ini sering terlihat di depan mata kita, di sekitar kita, masing-masing kita asyik dengan dunianya sendiri padahal satu rumah. Digital autism ini menyempitkan ruang sosialisasi yang sebenarnya perlu kita lakukan sebagai makhluk sosial," lanjutnya.

Agus juga mengingatkan bagaimana pola konsumsi digital perhari yang "aman" bagi pengguna smartphone agar tidak merusak, yaitu 2 jam 40 menit sehari. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru