Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Rendam Desa Tambak Bajai Setinggi Lutut Orang Dewasa

  • Oleh Hamdi
  • 29 November 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perkembangan terakhir berdasarkan data realtime dari PUSDALOPS-PB BPBD ketinggian air di Desa Tambak Bajai sebatas lutut orang dewasa. Merendam bagian halaman dan jalan raya namun tidak sampai naik ke Atas rumah.

'Pasangnya air berawal dari besarnya debit air dari atas, sehingga DAS Barito meluap dan merendam perumahan warga yang berada di daerah rendah,' sahut Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga di kantornya, Rabu (29/11/2017).

Berdasarkan data yang diberikan BPBD, ketinggian air di Desa Tambak Bajai bervariasi, dari 30cm sampai 50cm. 'Kita terus monitoring di kawasan tersebut, jika sudah masuk kategori bahaya penduduk kita akan lakukan evakuasi,' jelasnya.

Dalam musibah tersebut, tidak ada korban jiwa, tapi jika curah hujan di Kecamatan Dadahup dan Hulu DAS Barito kemungkinan ketinggian air bisa meningkat. Untuk itu kita selalu pantau bersama menggunakan perahu untuk mengevakuasi warga.

'Siang ini kita akan turun ke lokasi untuk mengecek langsung kondisi lapangan dengan mata sendiri. Apakah nantinya perlu mengeluarkan status tanggap darurat bencana atau tidak. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menekan kerugian akibat banjir, baik materil maupun jiwa, jangan sampai ada korban jiwa dalam kejadian ini,' pungkasnya. (HAMDI/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru