Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelepasan Kawasan Utara Juga Harus Dijadikan Prioritas

  • Oleh Naco
  • 29 November 2017 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli meminta agar proses pelepasan kawasan tidak diprioritaskan untuk daerah selatan saja namun juga kawasan utara Kotim.

"Karena di daerah itu banyak desa dan ruas jalan yang akan dibangun, tetapi masih masuk dalam kawasan hutan," kata Jhon, Rabu (29/11/2017).

Menurut Jhon, pemkab memang sudah fokus ke pengukuhan kawasan dari perkotaan hingga ke daerah selatan. Maka dari itu setidaknya tahun depan daerah utara diperhatikan. Sebab, di sana paling terkendala dalam hal peningkatan infrastruktur jalan akibat masuk kawasan hutan.

"Kami kadang berpikir menganggarkan untuk pembangunan infrastruktur dan akses jalan di pedalaman karena belum ada ketetapan kawasan hutan. Akibatnya dana yang dianggarkan akan parkir (tidak terserap) dan jadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa)," tegasnya.

Selama belum ada pengukuhan dan pelepasan kawasan hutan, anggaran yang dikucurkan itu akan percuma saja, karena pemerintah daerah tidak mungkin berani menggunakannya. Maka dari itu proses pelepasan kawasan khusus wilayah utara juga harus dipercepat mengingat di sana ada puluhan desa masih berstatus dalam hutan.

"Bagaimana pun proyek yang masuk dalam kawasan hutan, sangat rentan menjerat penangungjawabnya ke ranah pidana. Selama tidak ada pelepasan kawasan sepanjang itu juga kegiatan di sana tidak bisa terlaksana," tandasnya. (NACO/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru