Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Pedagang Disuluh Metrologian Tertib Ukur

  • Oleh Uriutu
  • 30 November 2017 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Ratusan pedagang yang berjualan di Plaza Beringin serta pasar sayur dan ikan Buntok, Kabupaten Barito Selatan, mengikuti sosialisasi metrologian tertib ukur, takar, timbang, dan perlengkapan bagi pelaku usaha, Kamis (30/11/2017).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Barito Selatan selama satu hari.

Kepala Disperindag dan UKM Barito Selatan Dekma mengatakan, sosialisasi kali ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha atau pedagang yang menggunakan alat timbangan, ukuran takaran, dan perlengkapan lainnya, dalam bertransaksi dengan konsumen.

'Hal ini perlu dilakukan karena sudah diamanatkan dalam UU Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal. Sehingga timbangan, alat ukur, takar, dan sebagainya tidak merugikan konsumen,' kata Dekma.

Selain itu, sosialisasi juga bertujuan untuk mewujudkan tertib ukur demi memberikan perlindungan agar konsumen tidak dirugikan oleh pelaku usaha. Serta mewujudkan kepastian hukum dalam pemakain alat ukur, takar, timbang, dan peralatan lainnya.

Hal ini, lanjut dia, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen melalui jaminan kebenaran hasil pengukuran. Dan meningkatkan tertib niaga serta perlindungan konsumen dan produsen terhadap transaksi barang yang menggunakan peralatan ukur.

Adapun narasumber dalam sosialisasi tersebut yakni petugas dari Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional III Banjarbaru, Kalimantan Selatan serta Dari Disperindagkop dan UKM Barsel. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru