Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agresifnya Buaya Sungai Mentaya Karena Memasuki Musim Kawin

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 November 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini buaya muara masih sering menampakkan dirinya di Sungai Mentaya, terutama di daerah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Hal itu terjadi karena diduga kuat bahwa saat ini merupakan musim kawin hewan buas tersebut. Hal ini diungkapkan Direktur Polisi Perairan (Dirpolair) Polda Kalteng Kombes Badarudin.

Kata Badarudin saat ini sudah memasuki musim kawin buaya. Yang terjadi antara September sampai Desember.

'Kalau sudah mulai memasuki September hingga Desember, maka buaya akan semakin agresif. Karene masuk musim buay kawin, dan hal inilah yang harus diwaspadai,' ujarnya.

Walau begitu buaya tidak menampakkan diri hampir setiap saat. Namun hanya pada waktu tertentu saja.

Seperti pada malam hari, pagi dan juga sore hari. Tapi kalau siang hari hewan tersebut tidak menampakkan diri.

"Kami sudah mensosialiasikan kepada masyarakat untuk mewaspadai hewan buas tersebut, dan masyarakat juga sudah banyak yang tahulah masalah ini,' katanya.

Walau dengan sering munculnya buaya, Badarudin berharap agar wisatawan tidak takut untuk datang ke Kotim, terutama saat hendak melihat distinasi Sungai Mentaya.

Karena pihaknya juga akan selalu berpatroli mengamankan setiap kegiatan yang ada di sungai. Pihaknya juga mengungkapkan bahwa, sangat mendukung program pemerintah terkait pengembangan pariwisata susur sungai.

'Ditpolair sangat mendukung program susur sungai yang dicanangkan Pemkab Kotim. Kemarin sudah berbincang dengan kepala dinas pariwisata juga, kami sudah menyampaikan bahwa kami siap mendukung untuk pengamanannya," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru