Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur: Pelabuhan Laut di Kawasan Tengah Kalteng Bakal Difokuskan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Desember 2017 - 21:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Untuk mempercepat pembangunan kawasan dan menopang pertumbuhan ekonomi  di Kalimantan Tengah (Kalteng) maka harus dibangun pelabuhan laut di kawasan tengah provinsi ini.

Prioritas pengembangan tengah ini menurut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran harus segera dilakukan. Sebab pengembangan kawasan Kalteng bagian tengah ini begitu penting didesain sedemikian rupa. Pasalnya, di bagian Barat sudah cukup mumpuni.

'Kita akan fokus yang tengah. Ini penting, nanti kita akan cek bersama, sebelum nanti disampaikan saat rapat terbatas (Ratas) dengan Presiden RI di istana,' kata Sugianto kepada Borneonews.co.id di rumah jabatan, Jumat (1/12/2017).

Kenapa begitu penting Sugianto mengatakan hal ini ada kaitannya dengan food estate. Untuk membangunnya, diperlukan infrastruktur yang memadai sebagai jalur transportasi keluar-masuk. Calon pelabuhan laut yang dilirik tersebut, adalah di daerah Kabupaten Katingan.

'Bila perlu nanti diagendakan kita penyusuran sepanjang pantai di sana, kemudian kea rah perairan Sampit hingga Sukamara,' tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng Yuren S Bahat mengatakan, kemungkinan besar yang diajukan adalah di Katingan karena telah ada feasibility studies (FS)-nya.

'Kita akan rakorkan lagi nantinya, guna membahas ini. Kalau Segintung, itu sulit seperti pelabuhan laut yang diinginkan,'katanya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru