Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan APBD 2018 Harus Konsisten Dengan Rencana Kerja Anggaran

  • Oleh Naco
  • 03 Desember 2017 - 09:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Dani Rakhman menekankan agar pelaksanaan APBD 2018 tetap konsisten dengan rencana kerja anggaran (RKA) satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang telah dibahas dan disepakati beberapa waktu lalu.

Penekanan itu ia sampaikan lantaran tidak jarang SOPD secara sepihak mengubah kegiatan yang telah disepakati. Sehingga pada akhirnya kerap kali menuai permasalahan di kemudian hari.

"Kita ingin tetap konsisten dalam RKA agar penggunaan APBD tetap terarah dan akuntabel," kata politisi Partai Demokrat ini, Minggu (3/12/2017).

Tidak hanya soal pelaksaan RKA, Dani Rakhman juga mengharapkan Pemkab Kotim ke depan lebih meningkatkan anggaran belanja langsung dalam struktur APBD. Yang mana dari target pendapatan Rp1,701 triliun, anggaran belanja ditetapkan sebesar Rp1,773 triliun (Rp931 miliar belanja langsung dan Rp842 miliar belanja tidak langsung), sehingga terjadi defisit 4,27%.

"Maka dari itu sangat beralasan kalau kita mendorong Pemkab Kotim untuk lebih meningkatkan belanja langsung. Karena ini yang digunakan untuk mengakomodasi keinginan masyarakat baik itu melalui reses maupun musrenbang," sebutnya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru