Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

16 Desa di Sukamara Belum Bebas Perilaku BABS

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Desember 2017 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebanyak 16 desa di Kabupaten Sukamara masih berprilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS), dan untuk merubah perilaku masyarakat maka perlu dilaksanakannya Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

"STBM adalah suatu pendekatan perubahan prilaku dengan metode pemicuan yang nantinya memberdayakan masyarakat untuk mandiri berprilaku higienis dan sanitasi," ucap Martin Izaak, Perwakilan Dinkes Provinsi Kalteng, Minggu (3/12/2017).

Lanjutnya, wilayah yang belum ODF adalah Kelurahan Jelai, Desa Lulau Nibung, Desa Sungai Cabang Barat, Desa Sungai Damar, Kelurahan Padang, Kelurahan Mendawai, Desa Kartamulia, Desa Pangkalan Muntai, Desa Petarikan, Desa Ajang, Desa Kenawan, Desa Semantun, Desa Nibung Terjun, Desa Air Dua, Desa Lupu Perucaha, Desa Jihing dan Desa Balai Riam.

"Mari kita semua berkomitmen dalam mengupayakan keberlanjutan dan perluasan pelaksanaan program air minum dan sanitasi dengan menggunakan modal pendekatan Progr STBM, termasuk menuntaskan Stop Buang Air Besar di sembarang tempat dan prilaku PHBS," ajak Martin Izaak. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru