Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenang Tugas Almarhum Agus Purwanto sebagai Kakawanwil Kemenkumham Kalteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 03 Desember 2017 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lebih dari satu tahun, Agus Purwanto dipercaya sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Tugas duniawi tersebut terpaksa ditinggalkan karena Agus lebih dulu menghadap sang Pencipta.

Ia meninggal dunia di RS Hermina, Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (3/12/2017) pukul 07.00 WIB. Tentu saja kepergiannya ini menjadi duka mendalam bagi keluarga dan seluruh pegawai jajaran Kemenkumham.

Selama memimpin, banyak sudah keberhasilan yang ia capai demi menunjang kantor wilayah menjadi lebih baik. Berikut beberapa rekam jejak Agus Purwanto berdasarkan data yang dihimpun borneonews.co.id.

Salah satu hal yang digelorakan Agus Purwanto adalah gerakan cinta ibadah (GCI). Ia menerapkan itu ke semua UPT baik lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh kepala lembaga permasyarakatan (Lapas), salah satunya Kalapas Palangka Raya, Priyarso. Sebab, itu akan meningkatkan iman dan taqwa seluruh pegawai tak terkecuali para warga binaan.

Kemudian, pada saat serah terima jabatan Kepala Rutan Kelas II A Palangka Raya dari Tunggul Buwono ke Akhmad Zaenal Fikri pada Rabu (25/10/2017) lalu, kinerja Agus juga diapresiasi Tunggul.

Bahkan Tunggul juga sempat menitikan air mata kala itu. Agus Purwanto pun menyebut bahwa air mata Tunggul merupakan bukti bahwa ia cinta tempat dimana bertugas. Agus juga bangga dengan Tunggul dalam menjalankan tugasnya.

Lainnya adalah ketika Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia meresmikan taman gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng pada Senin (30/10/2017) lalu.

Kemudian, pada Selasa (7/11/2017), giliran Kanwil Kemenkumham Kalteng yang diresmikan. Gedung yang beralamatkan di Jalan Adonis Samad, Palangka Raya itu langsung diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Bambang Rantam Sariwanto.

Selain itu, masih banyak tugas yang dicapai Agus Purwanto demi membuat seluruh UPT menjadi lebih baik. Terakhir adalah keberhasilannya dalam mensukseskan penerimaan CPNS baik dari lulusan SMA maupun sarjana. Bahkan kuota untuk CPNS lulusan SMA atau yang bertugas sebagai sipir sudah terpenuhi. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru