Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APBD Meningkat, SOPD Harus Kerja Keras

  • Oleh Naco
  • 04 Desember 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur diminta mendata ulang usaha yang menjadi potensi pajak. SOPD terkait lainnya juga diminta untuk bekerja keras, mengingat APBD 2018 jauh meningkat dari sebelumnya yakni dari Rp1,4 triliun menjadi Rp1,7 triliun.

"Saya selaku ketua tim anggaran tetap minta agar pendapatan kita digenjot, karena pendapatan kita naik sekitar Rp300 miliar pada 2018 dari tahun ini. Dulu saja pendapatan kita Rp1,4 triliun naik jadi Rp1,5 triliun," kata Ketua Tim Anggaran Eksekutif, H Halikinnor, Senin (4/12/2017).

Menurut Halikinnor, beban banyak saat ini harus diimbangi dengan kerja keras. Nilai APBD 2018 yang dipatok sebesar Rp1,7 triliun itu dinilai masih kurang jika melihat belanja baik itu langsung maupun tidak langsung.

Bahkan Plt Sekda Kotim ini memprediksi, nilai itu bisa naik jika melihat belanja daerah, yakni bisa mencapai Rp1,8 triliun. Dari itu menurutnya SOPD harus mampu mencapai keinginan bersama agar apa yang sudah diprogramkan bisa terlaksana. "Petugas pungut harus bisa gali potensi yang ada, dengan catatan tidak membebankan masyarakat bawah, kita yakin PAD kita bisa meningkat melalui penggalian pajak dan retribusi," kata Halikinnor.

Halikinnor mengatakan, anggaran yang bersumber dari dana perimbangan baik itu dana alokasi umum maupun dana bagi hasil turun, ini terjadi secara nasional sehingga potensi pajak yang harus digenjot. (NACO/B-2)

Berita Terbaru