Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UKS di Beberapa Sekolah Belum Memenuhi Standar

  • Oleh Hamdi
  • 04 Desember 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Beberapa Usaha kesehatan sekolah (UKS) di di Kabupaten Kapuas belum memenuhi standar. Bahkan, ada beberapa sekolah yang belum memiliki bangunan UKS. "Memang ada beberapa sekolah yang kita anggap sudah masuk kriteria memenuhi standar untuk UKS, namun masih ada yang kurang, yaitu tidak ada Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja (KKR)," kata Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Kapuas Teguh Prasetya Madjan, Senin (4/12/2017).

Menurut Teguh yang juga selaku Tim Pembina UKS Kabupaten Kapuas, Standar UKS tertera dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 Tahun 2017, yakni berkaitan dengan pengaturan tata ruang UKS dan sarana prasarana yang harus dimiliki.

Sebenarnya, lanjut pria berambut panjang ini, sekolah bisa menganggarkan dana BOS untuk UKS. "Ada sekian persen dalam dana BOS itu bisa dianggarkan untuk UKS, harusnya pihak sekolah memperhatikan ini," sambungnya.

Oleh karena itu, Teguh berharap dan mengimbau agar pihak sekolah lebih intens dalam upaya peningkatan pelayanan dan pendidikan kesehatan di sekolah melalui kegiatan UKS tersebut. "Karena dengan adanya UKS, setiap pelajar yang kurang sehat ataupun ada yang terluka bisa mendapatkan pertolongan pertama, keselamatan pelajar itu sangat penting," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru