Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ngeri, Tumpukan Sampah Ini Ganggu Aliran Sungai

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Desember 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rupanya kesadaran warga dalam membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah. Fakta ini tidak hanya terlihat di daerah perkotaan saja, namun juga di peraiaran.

Seperti yang terlihat di Sungai Taluk Dalam ini. Tumpukan sampah menggenangi sungai, bahkan dalam jumlah banyak.

Kondisi ini membuat pihak Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Kelurahan Mentawa Baru Hilir melakukan pembersihan bersama. Hingga berhasil mengangkat sampah ke dalam prahu kelotok.

"Aduh sampahnya sangat banyak, bahkan satu kelotok perahu saja tidak muat, hingga langsung kami salin ke truk sampah," ujar Lurah Mentawa Baru Hilir, Maya Anisa, Senin (4/12/2017).

Ia menerangkan sampah memenuhi sungai, sehingg terlihat sangat kumuh dan membahayakan bagi masyarakat sekitar. Karena dengan adanya tumpukan sampah di sungai menjadi sarang penyakit dan nyamuk.

"Harusnya masyarakat sadar dan jangan malas membuang sampah ke tempatnya. Karena hal ini dilakukan untuk kenyamana dan keamanan bersama," katanya.

Dalam pembersihan sampah ini mereka juga memasang jaring di muara sungai agar sampah yang larut di Sungai Mentaya tidak masuk.

Ia meminta kepada warga agar membuang sampah ke sungai demi kenyamanan bersama dan air di daerahnya tidak kotor akibat sampah. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru