Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Patuhi Hukum, Warga Kembali Serahkan Senpi Rakitan ke Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh

  • Oleh Budi Yulianto
  • 04 Desember 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kesadaran masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas akan bahayanya kepemilikan senjata api terus meningkat. Ini juga berkat gencarnya sosialisasi yang dilakukan Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh.

Kali ini, seorang warga Parempey, RT 05, RW 03, Kecamatan Rungan, bernama Gara Simamora menyerahkan dua pucuk senjata api rakitan, Senin (4/12/2017) pukul 13.30 WIB.

"Satu pucuk laras panjang dan satu pucuk laras pendek," kata Danramil 1016-05 Tumbang Jutuh, Kapten Inf Suradi.

Suradi menuturkan, pada paginya, menerima telpon tentang adanya warga Parampey yang ingin menyerahkan senpi rakitan. Suradi lalu menunjuk Babinsa, Serma Yahya Listiawan untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

Kemudian, pukul 09.15 WIB, Suradi langsung bertolak menuju desa setempat dari Palangka Raya dengan menggunakan motor trail dinas. Setelah sampai pada pukul 13.05 WIB, ia bertemu Ketua RT, Heldy, Mantir adat dan Serma Yahya di rumah Gara Simamora. Sekitar 25 menit kemudian, Gara Simamora menyerahkan dua pucuk senpi rakitan itu.

"Dari hasil pengecekan kedua senjata masih baik. Kemudian senjata langsung dibawa ke Makoramil untuk diamankan," kata dia.

Dia menuturkan, niat Gara untuk menyerahkan senpi rakitan itu karena takut bermasalah dengan hukum. Di sisi lain juga sering mendengar sosialisasi dari babinsa setempat.

Sementara itu, Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Chandra Adibrata sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat yang mau menyerahkan senjata api. Dia berharap ini bisa menjadi contoh bagi warga lainnya khususnya yang masih memiliki senpi supaya turut menyerahkan.

"Kami sangat mengapresiasi kesadaran warga mau nyerahkan senjata api kepada kami. Hal ini juga tidak lepas dari imbauan anggota kami kepada masyarakat. Serta kedekatan atau kepercayaan masyarakat kepada kami," kata Chandra Adibrata.

Dengan penyerahan dua pucuk senpi itu, maka sudah ada 12 senpi yang terkumpul selama Suradi menjabat sebagai Danramil. 10 di antaranya sudah digudangkan di Korem 102 Panju-Panjung beberapa waktu lalu. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru