Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bukan Gelombang Laut, Tapi Curah Hujan Bisa Hambat Distribusi Kebutuhan Pokok

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 05 Desember 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas terkait diimbau untuk memiliki manajemen stok yang baik dalam penyediaan bahan kebutuhan pokok. Karena situasi curah hujan yang tinggi pada bulan ini, bisa berpengaruh pada jalur distribusi barang.

Antisipasi ini perlu dilakukan untuk songsong jelang akhir tahun yang biasanya permintaan cukup tinggi. Hal ini menjadi titik tekan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng saat melakukan rapat kordinasi, Selasa (5/12/2017).

"Curah hujan cukup tinggi bahkan Desember-Januari ini puncak-puncaknya. Gelombang laut tidak tinggi, kalaupun tinggi hingga 1-1,5 meter, fluktuasinya cepat berubah," ucap Deputi BI Kalteng, Setian.

Karena gelombang tidak terlalu tinggi di perairan Kalimantan, sehingga menurutnya akan kecil kendala terkait distribusi dari pulau Jawa menuju Kalimantan.

"Untuk kondisi curah hujan tinggi ini maka harus diwaspadai adalah komoditas hortikultura. Ini perlu diperhatikan oleh petani dan dinas terkait," tandasnya.

Sementara itu Kepala Bulog Divre Kalteng, Ma'ruf menepis adanya kekurangan stok khususnya beras, seperti dikhawatirkan banyak pihak karena saat ini memasuki masa paceklik hingga musim panen berikutnya. Sebab pihaknya sudah siap dalam gudang yang berkemampuan hingga empat bulan ke depan.

"Ada kekhawatiran itu secara nasional, tetapi di kita sudah siapkan stok cukup banyak di gudang, cukup sampai Maret 2018 nanti," ujarnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru