Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keadilan Gender Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Merupakan Aspek Penting

  • 05 Desember 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Staf Ahli Bupati Gunung Mas, Salampak Haris membacakan sambutan tertulis Bupati Arton S Dohong menyampaikan dalam penyelengaraan pemerintah keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalan setiap dalam setiap aktivitas pembangunan.

"Hal ini karena gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global (sustainable development goals/ SDGs) dari hasil kesepakatan negara-negara sedunia," ujar Salampak saat membuka Training Of Trainer (ToT) Bagi Fasilitas Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di GPU Damang Batu, Kuala Kurun, Selasa (5/12/2017).

Dengab demikian artinya laki-laki dan perempuan dapat dilibatkan secara optimal dalam peran pembangunan dengan mengedepankan prinsip kesetaraan.

"Salah satu komitmen, maka keadilan gender harus mewarnai setiap kebijakan mau pun pelaksanaan pembangunan daerah," cetusnya.

Salampak menyampaikan kondisi kesetaraan gander di negara ini masih berada di posisi yang memprihatinkan dibandingkan negara lain. Salah satu penyebabnya masih banyak pemahaman yang tidak pas tentang pemahaman keadilan gender di masyarakat maupun aparat.

"Seringkali keadilan gender hanya diartikan sebagai pemberian porsi kesempatan yang lebih besar pada perempuan dalan suatu aktivitas. Ketidaktepatan pemahaman itu menjadikan upaya untuk meningkatkan keadilan gender tidak berbasis pada akar permasalahan yang ada," cetusnya. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru